Pesona Kutai Barat

Pesona Kutai Barat

Jumat, 03 Juli 2015

Kabupaten Kutai Barat



Maskot Kabupaten Kutai Barat "Macan Dahan"

Kabupaten Kutai Barat adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Dengan Ibukota Sendawar. merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Kutai yang telah ditetapkan berdasarkan UU. Nomor 47 Tahun 1999. Dengan luas sekitar 31.628,70 Km2 atau kurang lebih 15 persen dari luas Provinsi Kalimantan Timur, Secara Geografis Kabupaten Kutai Barat terletak antara 113'048'49" sampai dengan 116'032'43"Bujur Timur serta di antara 103'1'05" Lintang Utara dan 100'9'33" Lintang Selatan.

Adapun wilayah yang menjadi batas Kabupaten Kutai Barat adalah Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Malinau di sebelah Utara, Kabupaten Kutai Kartanegara di sebelah Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara di sebelah Selatan dan untuk sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah serta Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.

Berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2013, Kabupaten Kutai Barat dimekarkan lagi melahirkan kabupaten baru yaitu Kabupaten Mahakam Ulu. Setelah pemekaran tinggal 16 kecamatan yang bertahan bergabung dalam Kabupaten Kutai Barat keEnambelas Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Bongan, Kecamatan Jempang, Kecamatan Penyinggahan, Kecamatan Muara Pahu, Kecamatan Muara Lawa, Kecamatan Damai, Kecamatan Barong Tongkok, Kecamatan Melak, Kecamatan Long Iram, Kecamatan Bentian Besar, Kecamatan Linggang Bigung, Kecamatan Nyuatan, Kecamatan Siluq Ngurai, Kecamatan Manor Bulatn, Kecamatan Sekolaq Darat, dan Kecamatan Tering

Kantor Bupati Kutai Barat

Bupati saat ini dijabat oleh Ismael Thomas, SH., M.Si. dan wakil bupati dijabat oleh H. Didik Effendi, S.Sos., M.Si.
Dalam menjalankan pelaksanaan Pemerintahan pada masa kedua ini, maka pasangan Bupati dan Wakil Bupati tetap melanjutkan pelaksanaan Pembangunan dengan Visi :

”Kutai Barat yang masyarakatnya sejahtera, cerdas, sehat, dan produktif berbasiskan ekonomi kerakyatan.”

Kantor DPRD Kutai Barat
Kabupaten Kutai Barat dapat di capai dengan 3 model transportasi,yaitu Darat dengan jalan tembus via Samarinda yang dapat di tempuh sekitar 7 jam menuju Kutai Barat, kemudian via Sungai Mahakam sekitar 18 jam dan melalui udara yang di layani oleh penerbangan Kalstar Aviation.

Night View Tampak Belakang Tugu Maskot Kabupaten Kutai Barat

Night View Pemandangan di Perkantoran Bupati Kutai Barat

 Next Posting. tentang Situs Sendawar yang berada di kampung Sendawar

sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kutai_Barat
http://www.kubarkab.go.id/profil.php?id=2

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar