Pesona Kutai Barat

Pesona Kutai Barat

Selasa, 21 Juli 2015

Pesona Jantur Gemuruh - Sekolaq Darat



Air terjun ini letaknya berdekatan dengan lokasi Cagar Alam Kersik Luway yang sangat terkenal dengan anggrek hitamnya, terpaut hanya sekitar 6 kilometer jarak antar keduanya. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini cukup mudah karena sudah dibangun jalan yang cukup lebar terdiri dari hamparan pasir dan batu (sirtu). Lokasi wisata alam ini sangat cocok bagi tujuan liburan keluarga. Tempatnya sangat mudah dijangkau, karena berada dalam wilayah Kota Sendawar.


Air terjun Jantur Gemuruh ini memiliki pemandangan sangat menawan dengan ketinggian air terjunnya sekitar 15 meter.

Lingkungan hutan di sekitar Air Terjun Jantur Gemuruh masih terjaga dari aksi penebangan liar. Di lokasi akan terlihat banyak sekali bebatuan kali berbagai ukuran besar dan kecil tersusun alami di sisi kanan dan kiri air terjun. Bebatuan tersebut memanjang sampai sekitar 30 meter ke hilir air terjun. Aliran airnya sangat deras dan bergemuruh oleh karena itu tempat ini disebut dengan nama Jantur Gemuruh.


Keindahan Air Terjun Jantur Gemuruh sudah cukup dikenal masyarakat. Pengunjungnya tidak saja dari warga Kutai Barat maupun dari wilayah lain di Indonesia, namun juga wisatawan dari mancanegara.

terdapat beberapa gazebo yang berada di kawasan Air Terjun Gemuruh. juga terdapat jembatan yang letaknya tepat di atas Air terjun 


fasilitas yang tersedia di lokasi Air Terjun Gemuruh, gazebo, Kamar ganti, Parkir yang dapat menampung sekitar 30 mobil dan 70 - 100 motor 
 

Air Terjun Gemuruh, buka setiap hari, tempat wisata ini ramai di kunjungi warga pada hari Sabtu dan Minggu atau pada hari Libur lainnya. 




LOKASI
Kampung Sekolaq Darat, Kecamatan Sekolaq Darat Kabupaten Kutai Barat

CARA MENUJU KESANA
Dari pusat ibukota Sendawar (Barong Tongkok), bisa menggunakan jasa transportasi mobil carter ataupun sepeda motor ojek. Jarak tempuh sekitar 10 kilometer hingga sampai di Kampung Sekolaq Darat. Dari sini perjalanan dilanjutkan kurang lebih 4 kilometer menuju ke lokasi air terjun. Total waktu tempuh dari Barong Tongkok sekitar 30 menit.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar