Pesona Kutai Barat

Pesona Kutai Barat

Senin, 20 Juli 2015

Pesona Jantur Inaar & Danau Beluq


Air Terjun Inar atau Jantur Inar terletak di Kampung Temula Kecamatan Nyuatan. Air Terjun ini termasuk dalam  air terjun yang tertinggi di Kabupaten Kutai Barat karena ketinggiannya mencapai sekitar 45 m, atau setara gedung 5 lantai, jadi bisa dibayangkan betapa tingginya air terjun ini.



Untuk melihat keindahan Jantur Inar pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga. Sangat bagus untuk olahraga jantung. 

Jika berada disekitar lokasi pemandian dibawah air terjun serasa hawa yang sejuk alami berasal dari hempasan air yang jatuh menerpa bebatuan, menciptakan embun dan pelangi yang luar biasa indahnya. Pesona inilah yang menjadi salah satu daya tarik Jantur Inar. 

Lokasi ini sangat ideal untuk wisata keluarga maupun para pekerja menghilangkan rasa jenuh atau stress menghadapi pekerjaanya. 


Keistimewaan air terjun Jantur Inar adalah disamping ketinggiannya, jantur inar memiliki sejarah misteri tersendiri. 

Yang unik setiap pengunjung yang berwisata ke Jantur Inar selalu dikelilingi oleh bayangan pelangi yang keluar dari pancaran air. Menurut kepercayaan masyarakat pelangi itu adalah wujud sang Putri Inar yang raib menjadi roh halus dan menjadi penunggu didaerah kawasan tersebut.







DANAU BELUUQ

Dengan luas yang hampir sama dengan Danau Aco di Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung, Danau Beluq terdapat di Kampung Temula dan Dempar Kecamaatan Nyuatan. Yang menarik di pinggiran Danau Beluq ditumbuhi berbagai jenis kayu akar-akaran. Akar akaran yang unik yaitu selungan uker (Kantung Semar) yang buahnya tidak dapat dimakan tetapi indah sekali, buahnya seperti gelas ada yang seperti teko dan sebagainya. Menurut kepercayaan air Danau Beluq kalau digunakan untuk mencuci muka dapat meringankan gejala jerawat.


Danau Beluq mempunyai luas diperkirakan 25 hektar dengan kedalaman berkisar antara 100 meter sampai dengan 150 meter, jadi bisa kita bayangkan betapa dalamnya danau ini.
Konon asal usul Danau Beluq dimulai dari sebuah peristiwa Beliatn/ upacara adat Belian.

Di danau ini, pengunjung juga menikmatinya dengan mandi-mandian. Sejumlah fasilitas tempat istiharat pengunjung juga tersedia. Termasuk toilet. Fasilitas ini sengaja dibangun Pemkab Kubar. Menuju ke Danau Beluq sangat mudah diakses karena jalannya beraspal.



LOKASI
Jantur Inar dan Danau Beluq terletak di Kampung Temula / Dempar, Kecamatan Nyuatan, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

CARA MENUJU KESANA
Untuk menuju lokasi ini bisa mengunakan sepeda motor atau mobil menempuh jarak 30 km dari pusat kota Sendawar, atau kurang lebih 1 jam perjalanan.

untuk penyewaan mobil menuju lokasi wisata tersebut dapat menghubungi Admin JTC - Kubar 
0822 5130 4947 / PIN : 28692162

Tidak ada komentar:

Posting Komentar